Rabu, 12 September 2012

Biografi Queen

Queen, band asal London- Inggris adalah bukan nama pertama untuk grup mereka. pada tahun 1968 Brian May dan Tim staffell merupakan pelajar dari London's Imperial College yang ingin membentuk sebuah band dan mencari seorang drummer dengan type bermain seperti Ginger Baker. Dan disanalah ditemukannya Roger Tayor dan disanalah terbentuk grup band dengan nama Smile. grup Smile berjalan selama 2 tahun dan sebelum Tim pergi meninggalkan grupnya untuk bergabung dengan Humpy Bong pada tahun 1969 tim memperkenalkan frederick Bulsara kepada rekan Smile dan kemudian menjadi fans untuk mereka.

Pada Tahun 1970 Tim meninggalkan grup Smile karena tidak ada perkembangan di band tersebut dan kemudian frederick atau freddy kemudian bergabung dengan Brian May dan Roger Taylor setelah meninggalkan grup bandnya wreckage, disanalah semuanya dimulai. Frederick bulsara mengganti namanya menjadi Freddy Mercury dan mengganti nama band mereka dengan nama Queen. kemudian John Deacon diminta untuk menjadi edisional player untuk bermain bass di band mereka, barulah pada tahun 1971 band Queen beranggotan menjadi 4 orang. band Queen memulai kariernya dengan bermain pada acara-acara pesta di kampus mereka dan untuk teman-teman dekat mereka. Kemudian mereka mendapat kesempatan untuk menguji sebuah studio rekaman baru yang di sebut de lane lea, sebuah imbalan untuk mencoba alat baru dan  juga dapat membuat kaset demo gratis.Tidak ada seorang pun tertarik! Mereka telah menandatangani kontrak rekaman dan penerbitan serta manajemen perjanjian dengan Trident pada tahun 1972, dan selama tahun yang dibayar hanya £60 per minggu.

Queen memulai bekerja mempersiapkan album pertama mereka yang direkam dibawah pengawasan Roy Thomas Baker dan John Anthony (staff enginer di Trident Studios). Pada tahun 1973 Trident dan EMI menandatangani kontrak rekaman dengan Queen, dan pada bulan Juli 1973 mereka merilis album pertama dengan titel Queen dengan corak musik yang menggabungkan unsur hard rock dengan harmoni vokal ala opera. Album dengan cover warna suram ini selama 17 minggu bertengger ditangga album mencapai no 24. Peluncuran album ini diiringi tour Inggris, mereka menjadi band pembuka "Mott The Hoople", yang dimulai di Town Halls, kota Leeds pada 12 November 1973. Dari sanalah para pengikut-pegikut Queen mulai bermunculan, banyak orang mengira aksi Queen bukan hanya sekedar untuk band  pembuka. Queen II akhirnya dirilis yang seharusnya berjalan dengan lancar cuma ada sedikit koreksi yang harus dubenahi. Band ini memulai tur pertama mereka dari Inggris, mulai di Blackpool bulan Maret 1974. Pada bulan April 1974, band ini memulai tur pertama kalinya USA mereka sebagai tamu untuk Mott The Hoople. Tapi di bulan Mei tahun itu, sewaktu dilaksanakan tur, Brian menderita hepatitis, dan band harus membatalkan sisa tanggal mereka

Untuk penggarapan album ketiga mereka dimulai tanpa Brian dan dibantu oleh Roy Thomas Baker. Setelah Brian  merasa cukup baik ke Studio barulah dia mengisi bagian gitarnya, akhirnya Album ini selesai dan Sheer Heart Attack dirilis pada November 1974. Ini adalah sukses besar kedua sebagai Pendatang baru dunia untuk bisa menyatakan bahwa Queen adalah kekuatan yang patut diperhitungkan!

Tahun 1975 di bulan Pebruari 1975 dengan dukungan penuh dari label Elektra, Queen melakukan invasi ke Amerika sebagai headliner yang dimulai dari Agora, Columbus Ohio pada tanggal 5 Pebruari 1975. Meskipun dihujani kritik yang membandingkan mereka dengan led Zeppelin, namun penjualan tiket mereka sangat mengesankan dan selalu sold out. Sehingga beberapa pertunjukan terpaksa dilakukan 2 kali pada venue yang sama. Ditengah kesuksesan itu, lagi-lagi masalah medis mendera Queen. Kali ini Freddie Mercury diserang Radang Tenggorokan pada bulan April 1975, dan kondisinya cukup serius sehingga terpaksa membatalkan 7 jadwal dari rangkaian USA tour ini dan Queen memutuskan berlibur selama 10 hari di Hawaii, sebelum mereka meluncur ke Jepang (negeri yang membuat Queen tergila-gila).

Queen sempat vakum di awal 1990-an ketika Freddie Mercury meninggal dunia karena AIDS. Meskipun begitu, mereka masih sempat mengeluarkan album baru, yaitu Made In Heaven pada 1995 dengan menggunakan suara Mercury yang direkam sebelumnya. Mereka juga sempat mengeluarkan singel baru, No-One But You (Only The Good Die Young) pada 1998. Di singel ini, gitaris Brian May merangkap sebagai vokalis karena Queen belum mendapatkan vokalis tetap. basis John Deacon memutuskan untuk mengakhiri kebersamaannya dengan Queen. Pada 2004, Queen menemukan vokalis baru, yaitu Paul Rodgers. Mereka sempat mengadakan show di Hyde Park, Sheffield, Inggris. Pada 2008, Queen dan Paul Rodgers berencana untuk mengeluarkan album baru.



Referensi :
- http://id.wikipedia.org/wiki/Queen
- http://www.sing365.com/music/lyric.nsf/Queen-Biography


1 komentar:

Posting Komentar