Jumat, 14 September 2012

The Beatles

Siapa yang tidak kenal dengan band asal Inggris yang satu ini, band yang beraliran rock ini di bentuk di liverpool pada tahun 1960. Pada bulan Maret 1957 John Lennon yang saat itu masih berusia 16 tahun membentuk grup musik skiffle bernama The Quarrymen dengan Teman-teman sekolah asal Liverpool, Paul McCartney masih berusia 15 tahun saat mereka bertemu bulan Juli tahun itu. George Harrison bergabung sebagai gitaris utama bulan Februari tahun berikutnya setelah diundang McCartney menonton, tahun 1960 Lennon masuk ke Liverpool College Of Art setelah menyelesaikan sekolahnya. Ketiga orang itu memainkan musik rock n roll setiap mendapatkan seorang penabuh drum. Pada bulan januari teman sekelas John lennon Stuart Sutcliffe bergabung sebagi pemain bas dan menyarankan untuk mengganti nama menjadi The Beetles sebagai kekaguman terhadap Buddy Holly dan The Cricket,lalu berubah lagi menjadi The Beatals di bulan-bulan pertama tahun itu. 


Setelah coba-coba nama lain seperti Johnny and the Moondogs, Long John and The Beetles dan The Silver Beatles, grup itu akhirnya menjadi The Beatles di bulan Agustus. Kurangnya seorang pemain drum menjadi masalah saat manajer tak resmi mereka allan williams manggung di hamburg, Jerman. akhir mereka mengadakan audisi dan menemukan Pete Best sebagai pemain drum mereka, 4 hari kemudian mereka langsung berangkat ke Hamburg, jerman untuk menandatangani kontrak manggung 48 malam, pertunjukan The Beatles sukses di Hamburg sampai-sampai mengakibatkan macet jalanan.


Harrison yang masih berusia 17 tahun di bulan Agustus 1960, berbohong kepada petugas Jerman mengenai usianya agar bisa tinggal di Hamburg. Awalnya mereka ditempatkan di Indra Club, Koschmider lalu memindahkan mereka ke Kaiserkeller pada bulan Oktober setelah Indra ditutup karena dianggap bising. Saat Beatles melanggar kontrak dengan manggung di Top Ten Club yang jadi rivalnya, Koschmider melaporkan Harrison yang di bawah umur kepada otoritas dan dideportasi bulan November. McCartney dan Best juga ditangkap karena kasus pembakaran di kamar mereka di pertengahan Desember, setelah itu mereka juga dideportasi. Lennon kembali ke Liverpool pertengahan Desember sementara Sutcliffe tetap di Hamburg selama beberapa bulan. Ia berpacaran dengan gadis Jerman,Astrid Kirchher yang pertama kali mengambil foto profesional Beatles dan memangkas rambut Sutcliffe dengan gaya yang populer masa itu, exi (existensialis). Gaya rambut Sutcliffe kelak menginspirasi anggota Beatles yang lain.Tahun-tahun berikutnya, kelompok ini kembali ke Hamburg. 
Mereka mencoba-coba Preludin dengan sengaja untuk menjaga tenaga agar bisa kuat manggung semalaman suntuk. Sutcliffe memutuskan keluar awal tahun 1961 dan dan melanjutkan studi di Jerman, jadi McCartney mengambil alih bass. Produser Jerman Berta Kaempfert mengontrak Beatles yang sudah jadi empat orang untuk band latar Tony Sheridan dalam beberapa buah rekaman. Dikreditkan Tony Sheridan dan The Beat Brothers, singel My Bonnie direkam bulan Juni dan dirilis beberapa bulan kemudian, berada di urutan ke-32 tangga lagu Musikmarkt. Beatles jadi lebih dikenal saat pulang ke Liverpool. Saat masih sering bermain di The Cavern Club, mereka bertemu Brian Epstein, pemilik studio rekaman lokal dan seorang kolumnis musik. Beatles menunjuk Epstein sebagai manajer pada Januari 1962 dan Kaempfert setuju untuk melepas mereka dari kontrak rekaman Jerman. Setelah suatu audisi mereka ditolak Decca Records dengan komentar "grup gitar sudah ketinggalan zaman, Tuan Epstein" ("Guitar groups are on the way out, Mr. Epstein"), George Martin mengajukan grup itu ke label Parlophone di EMI. Pada bulan April mereka kembali ke Hamburg dan dikagetkan dengan berita kematian Sutcliffe akibat Pendarahan otak. Grup ini mendapat pengarahan George Martin di Studio Abbey Road EMI, London untuk pertama kali tahun 1962. Martin mengeluh tentang cara bermain drum Best kepada Epstein dan menyarankan agar Beatles memakai drummer sesi di studio. Akhirnya, Best digantikan oleh Ringo Star yang baru keluar dari Rory Storm and the Hurricanes. Sebenarnya Starr sudah bermain untuk Beatles menggantikan Best yang sering absen.Grup itu manggung terakhir kalinya di Hamburg bulan Desember 1962.

Dengan kesuksesan yang biasa dari Love Me Do, Please Please Me lebih diterima dengan cukup antusias, menduduki nomor 2 di tangga lagu Britania Raya setelah rilis di Januari 1963. Allmusic berkomentar tentang bagaimana giatnya grup itu melemparkan album debut Please Please Me dalam satu hari.John Lennon mengatakan bahwa ia dan Paul McCartney "hanya menulis lagu à la Everly Brothers dan Buddy Holly, lagu pop yang berisi tidak lebih dari sekedar pemikiran – untuk menciptakan suara. Dan kata-katanya hampir tidak ada hubungannya, dirilis Maret 1963, album itu menduduki nomor 1 yang menjadi awal merajainya 11 studio album Beatles sampai tahun 1970 di puncak tangga lagu Britania Raya. Singel ke-3, From Me to You dirilis bulan April dan juga berada di nomor 1. Pada perilisannya di Agustus, singel ke-4 She Loves You, menjadi singel pertama Beatles yang menembus penjualan satu juta keping. Di sepanjang Januari 1969 merupakan waktu dimana hubungan antar-personel The Beatles mencapai titik terendah banyak perselisihan yang terjadi di antara personil terutama masalah manajemen di The Beatles dan masalah tentang prinsip yang berbeda. pada tanggal 20 Agustus 1969 adalah terakhir kalinya keempat personel bersama-sama dalam studio yang sama. Lennon keluar dari grup pada tanggal 20 September namun tidak mengumumkan kepada publik sampai masalah-masalah terselesaikan. Secara resmi pada tanggal 10 April 1970 McCartney mengumumkan keluar dari The Beatles , satu minggu sebelum perilisan album solo pertamanya, . Rekaman pre-rilis McCartney menyertakan surat pernyataan yang berisi keputusannya untuk keluar dari The Beatles dan harapan-harapannya pada masa depan. McCartney mengajukan gugatan untuk pembubaran The Beatles pada tanggal 31 Desember 1970. Namun begitu, perselisihan yang menyangkut masalah-masalah di dalamnya tidak berakhir sampai tahun 1975. Karir solo masing-masing dibilang sukses tapi Lennon terbunuh di New Yor tahun 1980 dan Harisson meninggal karena Kanker tahun 2001. McCartney dan Starr masih aktif bermusik.




0 komentar:

Posting Komentar